Laman

Menaikan Traffic Alexa Rank

Banyak yang menulis bagaimana cara menaikkan rangking Alexa (Sekedar info, rangking alexa tergantung pada trafik atau pengunjung blog, semakin banyak pengunjung blog, semakin kecil rangking
alexa dan itu semakin baik, dan sebaliknya). Aku tidak akan menulis teori-teori tentang bagaimana menaikkan alexa rank karena aku merasa bukan ahlinya. Aku hanya akan berbagi kepada pemula yang nyasar ke blog ini, bagaimana dalam waktu singkat bisa memperoleh rangking alexa 500ribuan
.

Jangan membayangkan ada cara instan untuk menaikkan rangking alexa. Blog ini baru berumur kurang dari 2 bulan (diluncurkan 18 feb 2009), dan selama itu pula berusaha melakukan berbagai upaya untuk yang bisa meningkatkan rangking alexa. Alhamdulillah sudah mencapai Ranking Alexa 559.639 (saat artikel ini ditulis). Untuk seorang pemula sepertiku, jelas ini cukup membanggakan karena pertama dapat Rangking dari Alexa dikisaran 9 jutaan (rangking alexa awal untuk blog di blogspot). Jelas aku tidak mau hanya sampai disini. Aku mau memperoleh alexa rank lebih baik lagi.


Lalu, apa yang telah aku lakukan untuk mencapai alexa rank sejauh ini ? Jika anda blogger pemula, dan kebetulan kesasar ke blog ini, silakan lihat terus artikel ini karena aku akan berbagi tentang bagaimana mendapatkan rangking alexa yang baik. Namun, jika anda seorang master blog dan kebetulan berkenan singgah di blog ini, abaikan saja artikel tak berguna untuk anda ini dan tolong jangan tertawakan aku yang "membanggakan" rangking blog yang masih cetek ini.

Bagaimana meningkatkan rangking alexa ? Hanya 2 hal yang aku lakukan pada blog ini. Pertama, mengisi blog ini secara rutin (setidaknya 5x dalam seminggu) dengan artikel yang aku sendiri sangat memerlukannya. Dengan demikian, kemungkinan orang lain juga memerlukannya. Intinya, aku berusaha menulis sesuatu yang bermanfaat bagi pengunjung. Hal ini rupanya juga disenangi oleh mesin pencari (terutama Google) sehingga blog ini sering "diberi" pengunjung olehnya. Minimal sehari sekali aku berusaha membuat artikel untuk blog ini.

Yang kedua, dan ini mungkin lebih penting dari yang pertama, adalah berkomentar di blog lain dan menanggapi komentar yang masuk ke blogku. Aku sering berkunjung ke blog lain (blogwalking) dan meninggalkan komentar. Dan ini aku rasakan sangat efektif mendapatkan kunjungan balik dari pemilik blog. Karena waktu online terbatas, aku berusaha seefektif mungkin berkomentar. Aku menggunakan daftar dofollow blog berkualitas untuk dikunjungi, karena selain mendatangkan trafik juga memberikan backlink. Trafik balasan yang datang dari acara blogwalking juga berasal dari seluruh penjuru dunia karena blog yang aku kunjungi banyak yang berasal dari luar negeri. Dan anda bisa lihat, meskipun catatan pengunjung dari sitemeter cuma 1300-an, rangking alexa blog ini sudah lumayan baik, dan meningkat terus dari minggu ke minggu. Banyak blogku yang punya statistik belasan ribu (total), baru dapat alexa rank 600ribuan.

Sebisa mungkin aku berusaha untuk membalas komentar yang masuk dan balas mengunjungi blog mereka, sebagai penghormatan atas kehadiran mereka di blogku. Aku juga berusaha memberi "insentif" berupa backlink karena blogku dofollow, menghargai pemberi komentar terbanyak dengan memberinya link top komentator di sidebar, dan commentluv, yakni memberi tautan artikel terbaru mereka di blog ini. Semuanya berujung pada harapan agar pengunjung merasa tidak sia-sia memberikan komentarnya disini.

Sekali lagi, ini bukanlah teori untuk menaikkan rangking alexa blog, tapi merupakan pengalaman pribadi yang telah aku terapkan dan sejauh ini membawa hasil yang positif. Jika anda punya pengalaman lain, sudilah kiranya membaginya disini. Atau mungkin ada masukan, dipersilakan sampaikan disini.


Sumber : http://www.bewegaleri.com

1 komentar:

  1. Terimakasih untuk informasinya

    Sekalian sedikit info… saya juga punya trik jitu untuk urusan miss Alexa…seperti kata pepatah tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta….oleh sebab itu ada kiat2 khusus untuk bisa mendapatkan hatinya alexa….monggo dilihat kitab khusus menggaet alexa…

    http://monozcore.blogspot.com/2011/08/cara-ampuh-menaikan-peringkat-alexa.html

    saya tidak menjamin tapi setidaknya bisa menambah pengetahuan tentang miss alexa ini hehehe :)

    BalasHapus